PERTANYAAN:
[@Bohate Jantong.. ]
Assalamu'alaikum..tgk..gimana hukumnya..misal kita di bulan ramadhan setelah berhubungan intim kemudian langsung tidur...waktu makan sahur tidak mandi dulu..esok harinya baru mandi..kita makan sahur dulu dan siang harinya baru mandi, itu boleh ga tgk..sah ga puasanya
JAWABAN:
[Kakang Ishadi al-Asyi]
Wa 'Alaikumus Salam
Orang yang berjunub di waktu malam hari puasa disunahkan untuk mandi sebelum terbit fajar, agar orang yang berhadats besar tersebut sudah dalam keadaan suci pada saat memasuki puasanya.
Adapun mengenai orang yang melakukan hubungan intim atau orang yang mimpi basah pada waktu malam hari puasa dan mandinya setelah fajar, maka puasanya tetap Sah, karena Nabi ﷺ pernah berjunub sampai subuh, lalu Nabi ﷺ mandi dan tetap berpuasa.
Dan juga Sah puasanya bagi orang yang mimpi basah di hari ramadhan dengan kesepakatan ulama.
Demikian pula perempuan yang putus haidh dan nifas di waktu malam, maka meniatkan berpuasa untuk besok dan tidak mandi pada malam putus haidh dan nifasnya, maka puasa juga Sah tanpa khilaf dalam madzhab Syafi'i.
Pada mulanya Allah mengharamkan manusia untuk makan dan jima' pada malam hari puasa, yaitu setelah selasai shalat 'isya dan setelah bangun dari tidur. Namun di riwayatkan pada ketika itu sayyidina Umar RA merencakan untuk berhubungan intim di waktu malam hari puasa, kemudian istrinya bilang: aku sudah shalat 'isya, dan sayyidina 'Umar pun tetap melakukannya, setelah itu sayyida 'Umar mendatangi Nabi ﷺ, dan menceritakan yang ia alami, kemudian Allah berfirman:
"Di halalkan bagi kalian pada malam hari puasa bercampur dengan istri² kalian" (al-Baqarah 187)
Reff:
📚[Hasyiyah Qalyubi wa 'Umairah. Juz. 2/ Hal. 79]:
(وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يَغْتَسِلَ عَنْ الْجَنَابَةِ) وَنَحْوِهَا (قَبْلَ الْفَجْرِ) لِيَكُونَ عَلَى طَهَارَةٍ مِنْ أَوَّلِ الصَّوْمِ (وَأَنْ يَحْتَرِزَ عَنْ الْحِجَامَةِ) وَالْفَصْدِ لِأَنَّهُمَا يُضْعِفَانِهِ (وَالْقُبْلَةِ) بِنَاءً فِيمَنْ تُحَرِّكُ شَهْوَتَهُ عَلَى إطْلَاقِ الْمُحَرَّرِ كَرَاهَتَهَا الْمُنْصَرِفِ إلَى كَرَاهَةِ التَّنْزِيهِ، وَعَلَى تَصْحِيحِ الْمُصَنِّفِ أَنَّ كَرَاهَتَهَا كَرَاهَةُ تَحْرِيمٍ يَجِبُ الِاحْتِرَازُ عَنْهَا
➖➖➖➖➖
📚[al-Alwy al-Kabir. Juz. 3/ Hal. 414]:
مَسْأَلَةٌ
قال الشافعي رضي الله عنه: "وَمَنْ أَصْبَحَ جُنُبًا مِنْ جِمَاعٍ أَوِ احْتِلَامٍ اغْتَسَلَ وَأَتَمَّ صَوْمَهُ لِأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ كَانَ يُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ جِمَاعٍ ثَمَّ يَصُومُ".
قَالَ الْمَاوَرْدِيُّ: أَمَّا مَنْ يُصْبِحُ جُنُبًا مِنَ احْتِلَامٍ فَهُوَ عَلَى صَوْمِهِ إِجْمَاعًا، وَكَذَلِكَ لَوِ احْتَلَمَ نَهَارًا كَانَ عَلَى صَوْمِهِ بِاتِّفَاقِ الْعُلَمَاءِ فَأَمَّا مَنْ أَصْبَحَ جُنُبًا مِنْ جِمَاعٍ كَانَ فِي اللَّيْلِ، فَعِنْدَ جَمَاعَةِ الْفُقَهَاءِ أَنَّهُ عَلَى صَوْمِهِ يَغْتَسِلُ وَيُجْزِئُهُ.
وَحُكِيَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَالْحَسَنِ بْنِ صَالِحِ بْنِ حَيٍّ: أَنَّ صَوْمَهُ قَدْ فَسَدَ لِمَا رَوَاهُ أَبُو هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ: أَنَّهُ قَالَ "مَنْ أَصْبَحَ جُنُبًا مِنْ جماعٍ فَلَا صَوْمَ لَهُ" وَالدَّلَالَةُ عَلَى صِحَّةِ صَوْمِهِ، قوله تعالى: {فَالآنََ بَاشِرُوهُنَّ} إِلَى قَوْلِهِ {مِن الفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ} (البقرة: 187) وَكَانَ السَّبَبُ فِي نُزُولِ هَذِهِ الْآيَةِ، أَنَّ اللَّهَ تَعَالَى كَانَ قَدْ حَرَّمَ عَلَى النَّاسِ الْأَكْلَ وَالْجِمَاعَ فِي لَيْلِ الصِّيَامِ بَعْدَ صَلَاةِ الْعِشَاءِ وَبَعْدَ النَّوْمِ، حَتَّى رُوِيَ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَرَادَ أَنْ يَأْتِيَ امْرَأَتَهُ فِي لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ فَقَالَتْ: إِنِّي صَلَّيْتُ الْعِشَاءَ فَوَاقَعَهَا وَأَخْبَرَ رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ بِذَلِكَ فَنَزَلَ قَوْله تَعَالَى: {أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَة الصِّيَامِ الرَّفَثُ إلَى نِسَائِكُمْ) {البقرة: 187)
➖➖➖➖➖
المسألة الخامسة: اذا جامع في الليل واصبح وهو جنب صح صومه بلا خلاف عندنا وكذا لو انقطع دم الحائض والنفساء في الليل فنوتا صوم الغد و لم يغتسلا صح صومهما بلا خلاف عندنا
Mas-alah yang yang ke 5: apabila seseorang berjima' di waktu malam, dan subuhnya masih berjunub, maka puasanya Sah tanpa khilaf dalam madzhab asy-Syafi'i. Demikian pula perempuan yang putus haidh dan nifas di waktu malam, maka meniatkan berpuasa untuk besok dan tidak mandi pada malam putus haidh dan nifasnya, maka puasa juga Sah tanpa khilaf dalam madzhab Syafi'i.
📚[al-Majmu'. Juz. 6/ Hal. 307_308]
➖➖➖➖➖
الاغتسال عن الجنابة قبل الفجر، ليكون على طهر من أول الصوم، ومعنى ذلك أن الجنابة لا تنافي الصيام، ولكن الأفضل إزالتها قبل الفجر. ودليل ذلك ما رواه البخاري (١٨٢٥، ١٨٣٠) أن النبي صلى اللّٰه عليه وسلم كان يصبح جنباً من جماع غير احتلام، ثم يغتسل ويصوم. وكذلك يستحب الغسل عن الحيض والنفاس قبل الفجر إذا تم الطهر وانقطع الدم قبل ذلك.
Mandi janabah dilakukan sebelum fajar, hal ini bertujuan supaya sudah suci mulai dari awal menjalankan puasa. Artinya adalah bahwa janabah ini tidaklah menghanguskan puasa, akan tetapi yang lebih utama adalah untuk menghilangkan hadats janabah terlebih dahulu sebelum terbitnya fajar. Adapun dalil bahwa janabah itu tidaklah meniadakan puasa ialah: "Bahwa sesungguhnya Nabi ﷺ pernah masuk waktu subuh dalam keadaan junub dari jima' bukan sebab mimpi, kemudian Beliau ﷺ mandi dan berpuasa."(HR Bukhari)
Sebagaimana hadats janabah yang disunnahkan untuk mandi sebelum terbitnya fajar, ialah hadats haidh dan nifas yang diketahui telah mampet.
📚[Al-Fiqhul Minhaji. Juz. 2/ Hal. 90]
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
646} Hukum Menikahi Lima Orang Wanita Berturut-turut Dan Mengawini Dua Orang Wanita Dalam Satu Aqad Yang Satu Sama lainnya Ada Hubungan Mahram
PERTANYAAN: Assalamualaikum Wr Wb Bagaimana hukum seorang lelaki menikahi lima orang wanita berturut2, dan laki2 mengawini dua orang wanita ...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-TIGA BELAS: {"KEUTAMAAN MALAM NISFU SYA'BAN"} الحكاية الثالثة عشرة : في فضل ليلة نصف...
-
11 HAL YANG MENYEBABKAN HATI KERAS DAN MEMBUAT LEMAH ومنها احد عشر شيئا تقسي القلوب وتورث النكد ، أحدها : لبس السراويل قائما . الثاني : الجل...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-LIMA PULUH TUJUH: {"KEUTAMAAN ILMU DAN MENCINTAI ORANG ALIM"} الحكاية السابعة والخمسون :...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar