Kamis, 12 Maret 2020

098} Hukum mengubah nama yang buruk ke nama yang bagus

PERTANYAAN:
assalamualaikum warahmatullahi wabaroktuh
Ada orang di desa tempt tinggalku namanya kurang berkenan klo dipanggil ahirnya dia mngubah namanya
Pertanyaan..gmna hukum mngubah nama padahal dia sudah tua bukan anak keci lgi

JAWABAN:
[Kakang Ishadi Al-Asyi]

Wa 'Alaikumus Salam

Nama yang buruk memang sepatutnya di ubah ke nama yang bagus

Di dalam kitab Al-Hawy Al-Kabir disebutkan bayi yang lahir disunahkan diberi nama pada hari ketujuh dari hari kelahirannya karna perintah Rasulullah ﷺ, dan wajib diberikan nama yang bagus, diriwayatkan ketika Hasan putra sayyidina 'Ali mendekati lahir kedunia, Rasululullah ﷺ, bertanya: Nama apa yang engkau berikan untuk bayi itu, 'Ali menjawab: "HARBAN". Lalu Nabi berkata: berikanlah nama yang bagus, maka tatkala bayi itu lahir diberikanlah Nama "HASAN"

Sungguh Rasulullah ﷺ,  banyak mengubah Nama² para sahabatnya, diantaranya ialah: Abdurrahman Bin 'Uuf yang sebelumnya bernama 'Abdul 'Uzza (artinya, hamba berhala) lalu Rasulullah ﷺ, menggantikannya dengan nama "Abdurrahman", dan juga Salman Al-Farisi yang sebelumnya bernama "Ruziyah" (artinya, musibah/bencana), maka Nabi menggantikannya dengan nama "Salman."

Di dalam kitab Nihayatul Muhtaj disebutkan sunah memberikan nama² manusia dengan nama yang bagus, diantara nama yang paling bagus ialah: "Abdullah" kemudian "Abdurrahman."
Dan tidak makruh memberikan nama seperti nama Nabi atau Malaikat, bahkan diberi nama dengan nama "Muhammad" dapat mendatangkan fadhilah² yang melimpah.
Makruh memberikan nama dengan nama yang buruk seperti Harb, Murrah, dll.
Dan Haram Memberi nama "Malikul Muluk" karna nama ini hanya layak bagi Allah ta'ala, demikian pula haram diberikan nama: Abdul Ka'bah, Abdud dar, Abdul Ali, atau Abdul Hasan, Alasannya karna dapat membuat samar mensyirikkan Allah.

Reff:

📚[Al-Wawi Al-Kabir. Juz. 15/ Hal. 130]:

(فَصْلٌ)
وَالْفَصْلُ السَّادِسُ: فِيمَا يَقْتَرِنُ بِالْعَقِيقَةِ مِنَ الْمَنْدُوبِ إِلَيْهِ فِي الْمَوْلُودِ وَذَلِكَ ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ:
أَحَدُهَا: أَنْ يَحْلِقَ شَعْرَهُ فِي الْيَوْمِ السَّابِعِ وَيَتَصَدَّقَ بِوَزْنِهِ فِضَّةً قَالَ الشَّافِعِيُّ: وَهَذَا أَحَبُّ مَا صَنَعَ بِالْمَوْلُودِ بَعْدَ الذَّبْحِ، وَلَا فَرْقَ بَيْنَ الذُّكُورِ وَالْإِنَاثِ وَمِنَ النَّاسِ مَنْ كَرِهَ ذَلِكَ فِي الْإِنَاثِ، لِأَنَّ حَلْقَ شُعُورِهِنَّ مَكْرُوهٌ.
وقد روى الشافعي عن إبراهيم بن محمد بْنِ جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم "أَنَّهُ أَمَرَ فَاطِمَةَ لَمَّا وَلَدَتِ الْحَسَنَ وَالْحُسَيْنَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ أَنْ تَحْلِقَ رَأْسَيْهِمَا وَتَتَصَدِّقَ بِزِنَةِ الشَّعْرِ فِضَّةً فَفَعَلَتْ ذَلِكَ وَفَعَلَتْ فِي سَائِرِ أَوْلَادِهَا مِنَ الْإِنَاثِ".
وَالثَّانِي: أَنْ يُسَمَّى فِي الْيَوْمِ السَّابِعِ لِأَمْرِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم، وَيَجِبُ أَنْ يُسَمَّى بِأَحْسَنِ الْأَسْمَاءِ رُوِيَ أَنَّهُ لَمَّا وُلِدَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم: "بِمَ سَمَّيْتُمُوهُ؟ قَالُوا: حَرْبًا قَالَ: بَلْ سَمَّوْهُ حَسَنًا، وَلَمَّا وُلِدَ الْحُسَيْنُ قَالَ: "سَمَّوْهُ حُسَيْنًا"

Fokus:

وَقَدْ غَيَّرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم أَسْمَاءً كَثِيرَةً مِنْ أَصْحَابِهِ اخْتَارَهَا لَهُمْ بَعْدَ اشْتِهَارِهِمْ بِهَا مِنْهُمْ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ كَانَ اسْمُهُ عَبْدَ الْعُزَّى فَسَمَّاهُ عَبْدَ الرَّحْمَنِ وَمِنْهُمْ سَلْمَانُ الْفَارِسِيُّ كَانَ اسْمُهُ رُوزِيَهْ فَسَمَّاهُ سَلْمَانَ
📚[الماوردي، الحاوي الكبير، ج ١٥/ ص ١٣٠]
➖➖➖➖➖

📚[Nihayatul Muhtaj. Juz. 8/ Hal. 148]:

وَيُنْدَبُ تَحْسِينُ الْأَسْمَاءِ وَأَحَبُّهَا عَبْدُ اللَّهِ ثُمَّ عَبْدُ الرَّحْمَنِ، وَلَا يُكْرَهُ اسْمُ نَبِيٍّ أَوْ مَلَكٍ، بَلْ جَاءَ فِي التَّسْمِيَةِ بِمُحَمَّدٍ فَضَائِلُ جَمَّةٌ، وَيُكْرَهُ بِقَبِيحٍ كَحَرْبٍ وَمُرَّةَ وَمَا يَتَطَيَّرُ بِنَفْيِهِ كَيَسَارٍ وَنَافِعٍ وَبَرَكَةَ وَمُبَارَكٍ، وَيَحْرُمُ بِمَلِكِ الْمُلُوكِ إذْ لَا يَصْلُحُ لِغَيْرِهِ تَعَالَى، وَكَذَا عَبْدُ الْكَعْبَةِ أَوْ الدَّارِ أَوْ عَلِيٍّ أَوْ الْحَسَنِ لِإِيهَامِ التَّشْرِيكِ، وَمِثْلُهُ عَبْدُ النَّبِيِّ عَلَى مَا قَالَهُ الْأَكْثَرُونَ، وَالْأَوْجَهُ جَوَازُهُ لَا سِيَّمَا عِنْدَ إرَادَةِ النِّسْبَةِ لَهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَيُؤْخَذُ مِنْ الْعِلَّةِ حُرْمَةُ التَّسْمِيَةِ بِجَارِ اللَّهِ وَرَفِيقِ اللَّهِ وَنَحْوِهِمَا لِإِيهَامِهِ الْمَحْذُورَ أَيْضًا، وَحُرْمَةُ قَوْلِ بَعْضِ الْعَوَامّ إذَا حَمَلَ ثَقِيلًا الْحَمَلَةُ عَلَى اللَّهِ، وَلَا بَأْسَ بِاللَّقَبِ الْحَسَنِ إلَّا مَا تَوَسَّعَ فِيهِ النَّاسُ حَتَّى سَمَّوْا السَّفَلَةَ بِفُلَانِ الدِّينِ، وَيُكْرَهُ كَرَاهَةً شَدِيدَةً بِنَحْوِ سِتِّ النَّاسِ أَوْ الْعَرَبِ أَوْ الْقُضَاةِ أَوْ الْعُلَمَاءِ لِأَنَّهُ مِنْ أَقْبَحِ الْكَذِبِ، وَيَحْرُمُ التَّكَنِّي بِأَبِي الْقَاسِمِ مُطْلَقًا كَمَا مَرَّ فِي الْخُطْبَةِ بِمَا فِيهِ مِمَّا يَأْتِي مَجِيئُهُ هُنَا

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

646} Hukum Menikahi Lima Orang Wanita Berturut-turut Dan Mengawini Dua Orang Wanita Dalam Satu Aqad Yang Satu Sama lainnya Ada Hubungan Mahram

PERTANYAAN: Assalamualaikum Wr Wb Bagaimana hukum seorang lelaki menikahi lima orang wanita berturut2, dan laki2 mengawini dua orang wanita ...