[ASSALAMUALAIKUM WR WB, sdh dimaklumi sholat witir yg dilakukan 3 rakaat dua kali salam, gmna jika sekali salam????
JAWABAN:
[Mujawib: Kakang Ishadi Al-Asyi]
Wa 'Alaikumus Salam
Nabi ﷺ dalam megerjakan witir, Adakalanya Nabi ﷺ berwitir dengan tiga rakaat dengan satu kali salam, atau berwitir dengan tiga rakaat dua kali salam, yaitu dua rakaat lalu melaksanakan satu rakaat lagi. Akan tetapi menurut riwayat yang lebih unggul adalah dilakukan secara terpisah, yakni berwitir dengan tiga rakaat dua kali salam dan ini lebih utama daripada berwitir dengan tiga rakaat dengan satu kali salam.
عن أُبَيِّ بن كَعْبٍ رضي اللّٰه عنه قال: كان رسول اللّٰه ﷺ يوتر بـ {سبّح اسم ربك الأعلى} و {قل يا أيها الكافرون} و {قل هو اللّٰه أحد} رواه أحمد وأبو داود والنسائي، وزاد «ولا يسلّم إلا في آحرهنّ».
ولأبي داود والترمذيّ نحوَه عن عائشة وفيه كلّ سورة في ركعة وفي الأخيرة {قل هو اللّٰه أحد والمَعُوذَتَيْن}.
Diriwayatkan dari Ubai bin Ka'ab RA, Beliau Berkata: "Bahwa Rasulullah ﷺ shalat witir dengan membaca {Sabbihisma Rabbikal a'laa} dan {Qul yaa ayyuhal kaafirun} dan {Qul huwAllahu ahad}." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan an Nasa'i.) Dan an Nasa'i menambahkan: "Rasulullah ﷺ tidak salam kecuali pada rakaat terakhir."
Dan pada riwayat Abu Dawud, dan at Tirmidzi, terdapat Hadist serupa, diriwayatkan dari Sayidah 'Aisyah, didalamnya: "Pada setiap Surat itu untuk satu rakaat, dan pada rakaat terakhir membaca {Qul huwAllahu ahad serta al Falaq dan an-Nass}."
المعنى الإجمالي :
للنبي ﷺ أحوال في الإيتار فتارة يوتر بثلاث ركعات ولا يسلم إلا في آخرهن وتارة يوتر بثلاث يسلم من ركعتين أولًا ثم يأتي بركعة، وكل ذلك ثابت من فعله ﷺ، إلا أن الغالب من فعله أن يسلم من ركعتين ثم يأتي بالثلاثة ؛ ومجمل القول أن الوتر يجوز فيه الوصل والفصل لكن رواية الفصل أرجح.
MAKNA IJMALI:
Terdapat beberapa Ahwal pada Nabi ﷺ dalam melakukan witir. Adakalanya Nabi ﷺ berwitir dengan tiga rakaat dengan satu kali salam, atau berwitir dengan tiga rakaat dua kali salam, yaitu dua rakaat lalu melaksanakan satu rakaat lagi. Semuanya itu merupakan ketetapan dari perbuatan Baginda Nabi ﷺ. Dan memang yang paling sering Nabi ﷺ lakukan adalah salam setelah dua rakaat, lalu melaksanakan lagi satu rakaat. Adapun ikhtisar dari qaul diatas, bahwasannya shalat witir itu boleh dilakukan secara tersambung dan terpisah, namun menurut riwayat yang lebih unggul adalah dilakukan secara terpisah.
فقه الحديث :
١) إحدى صيغ إيتاره ﷺ (ثلاث ركعات بسلام واحد).
٢. استحباب قراءة هذه السور في ركعات الوتر وبه قالت المالكية والسافعية، وقالت الحنابلة والحنفية : يسن قراءة الأعلى والكافرون وقل هو اللّٰه أحد فقط.
FIQH HADITS:
1) Diantara bentuk pelaksanaan shalat witir yang dilakukan Baginda Nabi ﷺ ialah tiga rakaat dengan satu kali salam.
2) Kesunnahan membaca Surat² diatas dalam shalat witir. Karenanya Malikiyah, Syafi'iyah, Hanabilah, dan Hanafiyah Mereka Berkata: "Disunnahkan membaca Al 'Ala, Al Kafirun, dan QulhuwAllahu ahad saja."
📚[Ibanatul Ahkam Syarah bulughul maram Juz. 1/ Hal. 388_389]
➖➖➖➖➖
ويجوز لمن زاد على ركعة الفصل بين كل ركعتين باالسلام وهو افضل من الوصل بتشهد او تشهدين فى الركعتين الأخيرتين ولا يجوز الوصل بأكثر من تشهدين والوصل خلاف الأولى فيما عدا الثلاث وفيها مكروه للنهى عنه فى خبر "ولا تشبهوا الوتر بصلاة المغرب".
ويسن لمن أوتر بثلاث أن يقرأ فى الأولى سبح وفى الثانية الكافرون وفى الثالثة الإخلاص والمعوذتين لإتباع. فلو أوتر بأكثر من ثلاث فيسن له ذلك فى الثلاثة الأخيرة إن فصل عما قبلها وإلا فلا كما أفتى به البلقينى. ولمن أوتر بأكثر من ثلاث قراءة الإخلاص فى أولييه فصل أو وصل.
Boleh bagi orang yang shalat witir lebih dari satu rakaat untuk memisahkan shalatnya dengan cara setiap dua rakaat satu kali salam. Bahkan demikian itu lebih utama daripada disambungkan terus dengan bertasyahud satu kali ataupun dua kali pada dua rakaat yang terakhir. Dan tidak boleh menyambung shalat witir sampai melebihi dua kali tasyahud.
Menyambung lebih dari tiga rakaat adalah khilaful aula (berselisih dengan yang lebih diutamakan), sementara menyambung tiga rakaat hukumnya makruh, sebab terdapat larangan melakukannya didalam hadits yang artinya: "Jangan kalian menyerupakan shalat witir dengan shalat maghrib".
Sunah bagi orang yang shalat witir tiga rakaat membaca surat Al-'Ala pada rakaaat pertama, dan Al-Kafirun pada rakaat kedua, lalu pada rakaat ke tiga membaca surat Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Nas, sebagai ittiba' Rasulullah.
Sunah bagi orang yang shalat witir lebih dari tiga rakaat untuk membaca seperti itu pula dalam tiga rakaat yang akhir, bila dipisahkan dengan rakaat sebelumnya. Jika tidak, maka tidak disunahkan hal itu, sebagaimana fatwa Al-Bulqiniy.
Dan sunah bagi orang yang shalat witir lebih dari tiga rakaat, pada rakaat yang pertama dan yang kedua untuk membaca surat Al-Ikhlash, baik rakaat² itu dipisahkan dengan rakaat berikutnya ataupun disambungkan.
📚[I'anatut thalibin. Juz. 1/ Hal. 150_151]
![]() |
Ibanatul Ahkam. Juz. 1/ Hal. 388 |
![]() |
Ibanatul Ahkam. Juz. 1/ Hal. 389 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar