PERTANYAAN:
[Alfin]
Assalamua'laikum. Ustadz ana mo nanya
Bgmna definisi sholat, kapan pertama kli diwajbkan sholat, bgaimna sholat orang mabuk, dan sholat mana dulu yang harus diqadho
Syukran atas pencerahannya
JAWABAN:
[Mujawib: Fauzan R]
Wa'alaikum salam
باب الصلاة
هي شرعا: أقوال وأفعال مخصوصة، مفتتحة بالتكبير مختتمة بالتسليم وسميت بذلك لاشتمالها على الصلاة لغة، وهي الدعاء.
والمفروضات العينية خمس في كل يوم وليلة، معلومة من الدين بالضرورة، فيكفر جاحدها.
ولم تجتمع هذه الخمس لغير نبينا محمد ﷺ، وفرضت ليلة الاسراء بعد النبوة بعشر سنين وثلاثة أشهر، ليلة سبع وعشرين من رجب، ولم تجب صبح يوم تلك الليلة لعدم العلم بكيفيتها.
(إنما تجب المكتوبة) أي الصلوات الخمس (على) كل (مسلم مكلف) أي بالغ عاقل، ذكر أو غيره، (طاهر) فلا تجب على كافر أصلي وصبي ومجنون ومغمى عليه وسكران بلا تعد، لعدم تكليفهم، ولا على حائض ونفساء لعدم صحتها منهما، ولا قضاء عليهما.
بل تجب على مرتد ومتعد بسكر (ويقتل) أي (المسلم) المكلف الطاهر حدا بضرب عنقه (إن أخرجها) أي المكتوبة، عامدا (عن وقت جمع) لها، إن كان كسلا مع اعتقاد وجوبها (إن لم يتب) بعد الاستتابة، وعلى ندب الاستتابة لا يضمن من قتله قبل التوبة لكنه يأثم.
ويقتل كفرا إن تركها جاحدا وجوبها، فلا يغسل ولا يصلى عليه.
(ويبادر) من مر (بفائت) وجوبا، إن فات بلا عذر، فيلزمه القضاء فورا.
قال شيخنا أحمد بن حجر رحمه الله تعالى: والذي يظهر أنه يلزمه صرف جميع زمنه للقضاء ما عدا ما يحتاج لصرفه فيما لا بد منه، وأنه يحرم عليه التطوع، ويبادر به ندبا إن فات بعذر كنوم لم يتعد به ونسيان كذلك.
(ويسن ترتيبه) أي الفائت، فيقضي الصبح قبل الظهر، وهكذا.
(وتقديمه على حاضرة لا يخاف فوتها) إن فات بعذر، وإن خشي فوت جماعتها - على المعتمد.
وإذا فات بلا عذر فيجب تقديمه عليها.
أما إذا خاف فوت الحاضرة بأن يقع بعضها - وإن قل - خارج الوقت فيلزمه البدء بها.
ويجب تقديم ما فات بغير عذر على ما فات بعذر.
وإن فقد الترتيب لانه سنة والبدار واجب. و يندب تأخير الرواتب عن الفوائت بعذر، و يجب تأخيرها عن الفوائت بغير عذر.
Bab shalat
Shalat menurut istilah syara' ialah: beberapa ucapan dan perbuatan tertentu, yang di awali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.
Perbuatan tersebut di sebut "shalat", karena mengandung makna "shalat" menurut arti bahasanya, yaitu "doa".
Shalat² fardhu 'ain itu lima kali selama satu hari satu malam, yang di ketahui dengan pasti dari penjelasan Agama. Karena itu, orang yang menentangnya di hukum kafir .
Shalat fardhu yang lima ini berkumpul semuanya sebagai kesatuan hanya pada ajaran yang di bawa oleh nabi Muhammad ﷺ.
Kefardhuan shalat yang lima itu diturunkan pada malam isra', malam 27 bulan rajan 10 tahun 3 bulan terhitung semenjak Muhammad diangkat menjadi rasul. Shalat shubuh tanggal 27 rajab tersebut tidak wajib di kerjakan, karena belum di ketahui cara² mengerjakan.
Shalat maktubah lima waktu itu wajib dikerjakan hanya oleh setiap orang muslim yang mukallaf yaitu yang telah sampai baligh, beraqal, lelaki atau perempuan yang suci.
Maka shalat tidak di wajibkan atas kafir asli, orang gila, sedang ayan dan sedang mabuk yang keduanya bukan akibat main². hal itu karena mereka tidak terkena beban agama; dan tidak di wajibkan pula atas perempuan yang sedang menstruasi dan nifas, karena shalat tidak sah dikerjakan mereka, dan mereka pun tidak wajib meng~qadhanya.
Tetapi shalat tetap di wajibkan atas orang murtad dan orang yang mabuk akibat main².
Orang muslim mukallaf yang suci, apabila dengan sengaja menunda shalat fardhu hingga melewati waktunya, jika malas melakukannya sedang berkeyakinan bahwa shalat itu wajib di kerjakan, kemudian di suruh bertaubat dan tidak mau bertaubat, maka di kenakan had pancung leher.
Menurut pendapat bahwa menyuruh bertaubat itu sunnah tidak wajib, maka pemancung leher orang yang menunda shalat seperti di atas sebelum bertaubat adalah tidak di kenakan pidana. Tetapi pemancung itu telah menjalankan dosa.
Orang yang meninggalkan menentangnya sebagai kewajiban, adalah di bunuh sebagai orang kafir. Ia tidak usah dimandikan dan tidak pula di shalati.
Apabila seseorang dengan tanpa ada halangan ia meninggalkan shalat, maka ia wajib segera meng~qadha shalat itu.
Ia wajib qadha seketika itu juga.
Syaikhuna Ahmad bin hajar rahmat Allah semoga padanya mengemukakan: yang jelas, orang yang tertinggal shalat harus lah menggunakan secukup waktu untuk meng~qadhanya selain waktu yang di gunakan untuk malakukan sesuatu yang wajib atasnya; di samping juga haram baginya melakukan shalat sunnah (sebelum shalat qadha)
Apabila seseorang tertinggal shalat lantaran suatu halangan misalnya tidur atau lupa yang benar² bukan main², maka dalam kewajiban qadhanya, ia disunnahkan melakukan dengan segera.
Jika seseorang tertinggal shalat karena suatu uzur, maka dalam kewajiban qadhanya ia disunnahkan melakukan shalat² yang tertinggal secara berurutan waktunya -ia melakukan qadha shalat shubuh sebelum dhuhur, dst-.
Dan di sunnahkan mendulukan qadha sebelum shalat yang berada(ada'), kalau tidak khawatir kehabisan waktu nya; menurut pendapat yang mu'tamad, bahwa kesunnatan mendahulukan qadha dari shala ada' itu tetap berlaku, walaupun khawatir akan ketinggalan berjamaah.
Kalau ia tertinggal shalat nya bukan karena suatu udzur, maka wajib mendahulukan qadha dari pada shalat Ada'.
Adapun jika dia khawatir kehabisan waktu untuk shalat ada' sehingga sepotong -walaupun sedikit- dari shalat ada' akan terjadi di luar waktu, maka dia harus mendahulukan shalat ada'nya.
Wajib mendahulukan qadha shalat yang tertinggal tanpa uzur atas qadha shalat yang tertinggal sebab suatu uzur, walaupun menyebabkan tidak tertib waktunya.
Karena tertib itu sunnah, sedang kan bersegera adalah wajib.
Sunnah membelakangkan shalat rawatib sesudah qadha shalat yang tertinggal sebab udzur; dan wajib, kalau tertinggalnya itu tanpa suatu uzur.
📚[I'anatut thalibin. Juz. 1/ Hal. 20_24]
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
646} Hukum Menikahi Lima Orang Wanita Berturut-turut Dan Mengawini Dua Orang Wanita Dalam Satu Aqad Yang Satu Sama lainnya Ada Hubungan Mahram
PERTANYAAN: Assalamualaikum Wr Wb Bagaimana hukum seorang lelaki menikahi lima orang wanita berturut2, dan laki2 mengawini dua orang wanita ...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-TIGA BELAS: {"KEUTAMAAN MALAM NISFU SYA'BAN"} الحكاية الثالثة عشرة : في فضل ليلة نصف...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-LIMA PULUH TUJUH: {"KEUTAMAAN ILMU DAN MENCINTAI ORANG ALIM"} الحكاية السابعة والخمسون :...
-
11 HAL YANG MENYEBABKAN HATI KERAS DAN MEMBUAT LEMAH ومنها احد عشر شيئا تقسي القلوب وتورث النكد ، أحدها : لبس السراويل قائما . الثاني : الجل...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar