PERTANYAAN:
[Rifki Aulia]
Assalamua'alaikum ustad.🙏
Ustad apa hukumnya shalat tahyat masjid pas lagi adzan?
Dan apa hukumnya shalat tahyat masjid ketika sedang khutbah jum'at?
Terima ksih wassalam
JAWABAN:
[Mujawib: Kakang Ishadi Al-Asyi]
وعليكم السلام
Kalangan madzhab Imam asy-Syafi’i mengatakan: jika seseorang masuk ke masjid sedangkan muadzdzin mengumandangkan adzan, maka dia hendaknya tidak melakukan shalat sunnah tahiyyatul masjid atau yang lain, akan tetapi menjawab adzan dalam keadaan berdiri sampai adzan selesai. Ini dilakukan untuk mendapatkan pahala menjawab adzan dan sekaligus pahala shalat tahiyyatul Masjid.
قال الشافعية: وإذا دخل المسجد، والمؤذن قد شرع في الأذان، لم يأت بتحية ولا بغيرها، بل يجيب المؤذن واقفاً حتى يفرغ من أذانه ليجمع بين أجر الإجابة والتحية.
📚[Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh. Juz. 1/ Hal. 555]
➖➖➖➖➖
Hadist Ke 213 :
عن أبي قتادة رضي اللّٰه عنه قال : قال رسول اللّٰه ﷺ : « إذا دخل أحدكم المسجد فلا يجلس حتى يصلي ركعتين» متفق عليه.
Diriwayatkan dari Abi Qatadah RA, Beliau Berkata: Rasulullah ﷺ Bersabda: "Apabila salah seorang dari kalian memasuki masjid, maka janganlah duduk hingga shalat dua rakaat."
📚(Muttafaqun 'Alaih)
مشروعية صلاة ركعتين لمن دخل المسجد، قال الشافعي : تحية المسجد مشروعة في جميع الأوقات حتى وقت الخطبة للجمعة وإن تكرّر دخوله المسجد وحمل أحاديث النهي عن الصلاة بعد الفجر حتى تطلع الشمس وبعد العصر حتى تغرب للصلاة التي ليس لها سبب متقدم، وقال بأنّ الرسول لم يترك التحية في حال من الأحوال، وأمر الذي دخل المسجد وجلس وهو يخطب أن يقوم فيركع ركعتين فلولا شدة اهتمام الرسول بها لَمَا أمره بالصلاة أثناء الخطبة.
Disyariatkannya shalat dua rakaat bagi seseorang yang memasuki masjid. Imam Syafi'i Berkata: "Tahiyat masjid itu disyariatkan pada seluruh waktunya, hingga ketika khutbah jum'at sedang berlangsung. Dan meskipun orang tersebut bolak-balik memasuki masjid." Beliau Imam Syafi'i menambahkan, bahwa Hadist mengenai larangan shalat setelah fajar hingga terbitnya matahari, dan setelah 'ashar hingga waktu maghrib, ialah tertuju pada shalat yang tidak memiliki sebab terdahulu. Dan Beliau Berkata: "Bahwa Rasulullah ﷺ tidak pernah meninggalkan shalat ini dalam keadaan apapun. Bahkan Beliau ﷺ ketika sedang berkhutbah, memerintahkan terhadap seseorang yang memasuki masjid dan langsung duduk, untuk berdiri kembali guna melakukan shalat dua rakaat. Jadi seandainya Rasulullah ﷺ tidak menaruh perhatian lebih terhadap shalat tahiyat ini, maka Beliau ﷺ tidaklah akan memerintahkan shalat ini ketika Beliau sedang berkhutbah."
📚[Ibanatul Ahkam syarah bulughul maram. Juz. 1/ Hal. 279_280 Darul fikr]
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
646} Hukum Menikahi Lima Orang Wanita Berturut-turut Dan Mengawini Dua Orang Wanita Dalam Satu Aqad Yang Satu Sama lainnya Ada Hubungan Mahram
PERTANYAAN: Assalamualaikum Wr Wb Bagaimana hukum seorang lelaki menikahi lima orang wanita berturut2, dan laki2 mengawini dua orang wanita ...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-TIGA BELAS: {"KEUTAMAAN MALAM NISFU SYA'BAN"} الحكاية الثالثة عشرة : في فضل ليلة نصف...
-
11 HAL YANG MENYEBABKAN HATI KERAS DAN MEMBUAT LEMAH ومنها احد عشر شيئا تقسي القلوب وتورث النكد ، أحدها : لبس السراويل قائما . الثاني : الجل...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-LIMA PULUH TUJUH: {"KEUTAMAAN ILMU DAN MENCINTAI ORANG ALIM"} الحكاية السابعة والخمسون :...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar