Selasa, 07 Juli 2020

283} Mengenal para ulama madzhab Syafi'i dalam setiap kurun

Oleh:[Ishadi Al-Asyi]

MENGENAL PARA IMAM/ ULAMA² MADZHAB SYAFI'I DALAM SETIAP KURUN

KURUN KE-TIGA:
Diantara periwayat Madzhab Qadim adalah: Imam Ahmad Ibn Hanbal, Abu Tsur, Az-Za'farani, dan Al-Karabisi.

Dan diantara murid² Imam Syafi'i yang menaqal Madzhab Jadid adalah: Imam Al-Muzani, Al-Buwaithi, Ar-Rabi' Al-Muradi, Harmalah, Ar-Rabi' Al-Jizi, Yunus Ibn 'Abdil 'Ala, mereka ini dijuluki dengan nama tersebut oleh gurunya yakni Imam Asy-Syafi'i (Periwayat Madzhab)
Mereka yang disebutkan diatas diwafatkan pada kurun ketiga.

KURUN KE-EMPAT:
Setelah mereka (para imam kurun ke-tiga), muncullah para penerang madzhab adan lapisan² yang banyak dari ulama, diantara mereka yang paling muncul adalah:
Imam Ibn Suraij, Al-Qaffal Al-Kabir Asy-Syasyi, Abu Hamid Al-Isfiraini, Al-Ushtukhri, Al-Marwazi, Ibn Abi Hurairah, dan Ibn Qash.

KURUN KE-LIMA:
Imam Al-Mawardi, Abu Ishaq Asy-Syairazi, Abu Muhammad Al-Juwaini, Putra beliau Imam Haramain, Al-Baihaqi, Al-Bandaniji, Al-Mahamili, Al-Qaffal Ash-Shaghir Al-Marwazi, Al-Qadhi Husain, Al-Furani, Al-Mas'udi, Ibn Shabbagh, dan Al-Mutawalli.

KURUN KE-ENAM:
Imam Al-Ghazali Hujjatul Islam, Asy-Syasyi, Al-Baghawi, dan Al-'Imrani.

KURUN KE-TUJUH:
Imam Ibn Shalah, Al-Qazwaini, Al-'Izz Ibn 'Abdis Salam, Dua Imam Besar yakni Imam An-Nawawi dan Ar-Rafi'i (Dua Syaikh Madzhab), Ibn Farkah, dan Ibn Daqiq Al-'Id.

KURUN KE-DELAPAN:
Imam Ibn Rif'ah, At-Taqis Subki, Al-Qamuli, Al-Asnawi, Al-Adzra'i, Al-Bulqini, Ibn Mulaqqin, Az-Zarkasyi, Ibn Naqib, Asy-Syaraf Al-Barizi, dan Al-Muhib Ath-Thabari.

KURUN KE-SEMBILAN:
Imam Al-Waliyyul 'Iraqi, At-Taqi Al-Hishni, Asy-Syihab Ibn Raslan (Penyusun kitab Shafwah Az-Zubad), Ibn Qadhi Syuhbah, Ibn Al-Muzajjad, Ad-Damiri, Al-Jalalul Mahalli, Al-Aqfahisi, Ibnul Muqri, 'Abdullah Ibn 'Abdirrahman Bafadhal, dan lain².

KURUN KE-SEPULUH:
Imam Al-Jalal As-Suyuthi, Syaikhul Islam Zakariya Al-Anshari, Khathib Asy-Syirbini, Asy-Syihab Ar-Ramli, Putranya Ar-Ramli (Asy-Syams), Ibn Hajar Al-Haitami, 'Abdullah Ibn 'Umar Bamakhramah, Ibn Qasim Al-'Ubadi, Baqusyairin, dan Ibn Ziyad.

KURUN KE-SEBELAS:
Imam Al-Burhan Al-Birmawi, 'Ali Asy-Syibramalisi, Ar-Rasyidi, dan lain².

KURUN KE-DUA BELAS:
Imam Muhammad Ibn Sulaiman Al-Kurdi (Pakar Fiqh Hijaz), Sulaiman Al-Jamal, dan lain².

KURUN KE-TIGA BELAS:
Al-Bajuri, Asy-Syarqawi, Al-Bujairimi, 'Abdullah Ibn Husaini Balfaqih, 'Abdullah Ibn Ahmad Basudan, Sa'id Ibn Muhammad Ba'asyin, 'Abdur rahman Ibn Sulaiman Ibn Al-Ahdal, 'Ali Bashirin, dan lain².

KURUN KE-EMPAT BELAS:
As-Sayyid 'Alawi Ibn Ahmad As-Saqaf, Ahmad Ibn Zaini Dahlan, Bakri Syatha, 'Abdurrahman Al-Masyhuri, Abu Bakar Ibn 'Abdur Rahman Ibn Syihab, Abu Bakar Ibn Ahmad Al-Khathibi, 'Abdullah Bajammah, 'Abdullah Ibn 'Umar Asy-Syathiri, Ahmad Ibn 'Umar Asy-Syathiri, 'Abdur Rahman Ibn 'Ibaidillah As-Saqaf, Muhammad Ibn Hadi As-Saqaf, Muhammad Ibn Salim Ibn Hafidz, dan lain².

Reff:

📚[Taqriratus Sadidah. Hal. 34_35]:

ومن أهم رواة المذهب القديم : الإمام أحمد بن حنبل ، وأبو ثور ، والزعفراني ، والكرابيسي .

ومن تلاميين الإمام الذين نقلوا عنه مذهبه الجديد ، المزني ، والبويطي ، والربيع المرادي ، وحرملة ، والربيع الجيزي ، ويونس بن عبد الأعلى ، ويسميه شيخه الإمام الشافعي ( راوية المذهب ) ، وكلهم توفوا في القرن الثالث

ثم جاء بعد هؤلاء أجيال وطبقات كثيرة من العلماء ، من أبرزهم : الإمام ابن شريج ، والقفال الكبير الشاشي ، وأبو حامد الإسفرائيني ، والإصطخري ، والمروزي ، وابن أبي هريرة ، وابن القاص ، في القرن الرابع .

ثم الماوردي ، وأبو إسحاق الشيرازي ، وأبو محمد الجويني ، وابنه إمام الحرمين ، والبيهقي ، والبندنيجي ، والمحاملي ، والقفال الصغير المروزي ، والقاضي حسين ، والفوراني ، والمسعودي ، وابن الصباغ ، والمتولي ، في القرن الخامس .

ثم الغزالي حجة الإسلام ، والشاشي ، والبغوي ، والعمراني ، في القرن السادس .

ثم ابن الصلاح ، والقزويني ، والعز بن عبد السلام ، والإمامان الكبيران التروي والرافعي ( شيخا المذهب ) ، وابن الفركاح ، وابن دقيق العيد ، في القرن السابع .

ثم ابن الرفعة ، والتقي السبكي ، والقممولي ، والاسنوي ، والأذرعي ، والبلقيني ، وابن الملقن ، والزرکشي ، وابن النقيب ، والشرف البارزي ، والمحب الطبري ، في القرن الثامن .

ثم الولي العراقي ، والتقي الحصني ، والشهاب ابن رسلان صاحب {صفوة الزبد} ، وابن قاضي شهبة ، وابن المزجد ، والدميري ، والجلال المحلي ، والأقفهسي ، وابن المقرىء ، وعبد الله بن عبد الرحمن بافضل ، وغيرهم في القرن التاسع.

ثم الإمام الجلال السيوطي ، وشيخ الإسلام زكريا الأنصاري ، والخطيب الشربيني والشهاب الرملي ، وابنه الشمس ، وابن حجر الهيتمي ، وعبد الله بن عمر بامخرمة ، وابن قاسم العبادي ، وباقشير ، وابن زیاد ، في القرن العاشر .

والبرهان البرماوي ، وعلي الشبراملسي ، والرشيدي ، وغيرهم في القرن الحادي عشر .

ومحمد بن سليمان الكردي فقيه الحجاز ، وسليمان الجمل ، وغيرهم في القرن الثاني عشر .

والباجوري ، والشرقاوي ، والبجيرمي ، وعبد الله بن حسين بلفقيه وعبدالله أحمد باسودان وسعيد بن محمد باعشن وعبد الرحمن بن سليمان بن الأهدل ، وعلي باصبرين وغيرهم في القرن الثالث عشر .

والسيد علوي بن أحمد السقاف ، وأحمد بن زيني دحلان ، وبكري شطا وعبد الرحمن المشهور ، وأبو بكر بن عبد الرحمن بن شهاب ، وأبو بكر بن أحمد الخطيب ، وعبد الله باجماح ، وعبد الله بن عمر الشاطري ، وأحمد بن الشاطري ، وعبد الرحمن بن عبيد الله السقاف ، ومحمد بن هادي السقاف ، ومحمد بن سالم بن حفيظ ، وغيرهم في القرن الرابع عشر .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

646} Hukum Menikahi Lima Orang Wanita Berturut-turut Dan Mengawini Dua Orang Wanita Dalam Satu Aqad Yang Satu Sama lainnya Ada Hubungan Mahram

PERTANYAAN: Assalamualaikum Wr Wb Bagaimana hukum seorang lelaki menikahi lima orang wanita berturut2, dan laki2 mengawini dua orang wanita ...