PERTANYAAN:
[Nur. MIA.1]
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Pertanyaan titipan; di sebuah masjid di tengah sholat jumat msk wkt asar sedgkn sholat jumat wjb dlm wkt zuhur> bgaimna mnurut hukum fikih? Ttp sholat jumat ataw zuhur?
JAWABAN:
[Ishadi al-Asyi]
Wa 'Alaikumus Salam
Dalam madzhab Syafi'i shalat jum'at tadi diteruskan kepada shalat dhuhur.
Reff:
(مسألة)
قال الشافعي رحمه الله تعالى: "مَتَى دَخَلَ وَقْتُ الْعَصْرِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ الْإِمَامُ مِنَ الْجُمُعَةِ فَعَلَيْهِ أَنْ يُتِمَّهَا ظُهْرًا".
قَالَ الْمَاوَرْدِيُّ: وَهُوَ كَمَا قَالَ إِذَا أَحْرَمَ الْإِمَامُ بِصَلَاةِ الْجُمْعَةِ فِي وَقْتِهَا، ثُمَّ دَخَلَ عَلَيْهِ وَقْتُ الْعَصْرِ قَبْلَ سَلَامِهِ مِنْهَا، فَقَدِ اخْتَلَفَ الْفُقَهَاءُ فِي ذَلِكَ عَلَى أَرْبَعَةِ مَذَاهِبَ:
أَحَدُهَا: وَهُوَ مَذْهَبُ الشَّافِعِيِّ لَا يَجُوزُ أَنْ يُتِمَّهَا جُمْعَةً، لَكِنْ يُتِمُّهَا ظُهْرًا أَرْبَعًا بِتَحْرِيمِ الْجُمْعَةِ.
وَالْمَذْهَبُ الثَّانِي: وَهُوَ مَذْهَبُ عَطَاءٍ وَأَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ يَجُوزُ أَنْ يُتِمَّهَا جُمْعَةً إِذَا دَخَلَ وَقْتُ الْعَصْرِ، وَلَا يَجُوزُ أَنْ يَسْتَأْنِفَهَا فِيهِ.
وَالْمَذْهَبُ الثَّالِثُ: وَهُوَ مَذْهَبُ مَالِكٍ وَابْنِ الْقَاسِمِ يَجُوزُ أَنْ يُتِمَّهَا جُمْعَةً، وَيَجُوزَ أَنْ يَسْتَأْنِفَهَا فِيهِ.
وَالْمَذْهَبُ الرَّابِعُ: وَهُوَ مَذْهَبُ أبي حنيفة قَدْ بَطَلَتِ الصَّلَاةُ بِدُخُولِ وَقْتِ الْعَصْرِ، فَلَا يَجُوزُ أَنْ يُتِمَّهَا ظُهْرًا وَلَا جُمْعَةً
Imam Asy-Syafi'i Rahimahullahu Ta'ala berkata: apabila masuk waktu 'ashar sebelum imam salam dari shalat jum'at, maka shalat jum'at tersebut disempurnakan kepada shalat dhuhur.
Imam al-Mawardi berkata: perkataan Imam Syafi'i tersebut adalah: jika imam melakukan takbiratul ihram untuk shalat jum'at dalam waktunya, kemudian masuk waktu 'ashar sebelum imam salam dari shalat jum'at, maka dalam hal ini para ulama fiqh berbeda pendapat atas empat madzhab:
1) Madzhab Imam Syafi'i tidak memperbolehkan melanjutkan shalat jum'at tapi harus menyempurnakan shalat dhuhur dengan takbiratul ihram shalat jum'at tadi.
2) Madzhab Imam 'Atha` dan Imam Ahmad bin Hanbal memperbolehkan meneruskan shalat jum'at walopun telah masuk waktu 'ashar dan tidak boleh mengulangi shalat jum'at dalam waktu 'ashar.
3) Madzhab Imam Malik dan Ibn Qasim memperbolehkan meneruskan shalat jum'atnya dan juga memperbolehkan mengulangi shalat jum'at dalam waktu 'ashar.
4) Madzhab Abi Hanifah: shalat jum'atnya menjadi batal dengan masuknya waktu 'ashar, maka tidak diperbolehkan lagi shalat jum'at dan tidak boleh pula shalat dhuhur.
📚[al-Hawi al-Kabir. Juz. 2/ Hal. 435]
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
646} Hukum Menikahi Lima Orang Wanita Berturut-turut Dan Mengawini Dua Orang Wanita Dalam Satu Aqad Yang Satu Sama lainnya Ada Hubungan Mahram
PERTANYAAN: Assalamualaikum Wr Wb Bagaimana hukum seorang lelaki menikahi lima orang wanita berturut2, dan laki2 mengawini dua orang wanita ...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-TIGA BELAS: {"KEUTAMAAN MALAM NISFU SYA'BAN"} الحكاية الثالثة عشرة : في فضل ليلة نصف...
-
11 HAL YANG MENYEBABKAN HATI KERAS DAN MEMBUAT LEMAH ومنها احد عشر شيئا تقسي القلوب وتورث النكد ، أحدها : لبس السراويل قائما . الثاني : الجل...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-LIMA PULUH TUJUH: {"KEUTAMAAN ILMU DAN MENCINTAI ORANG ALIM"} الحكاية السابعة والخمسون :...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar