PERTANYAAN:
Sahkah mandi junub dengan cara mencicil..??
jika sah, bolehkah membaca al-Qur'an dan memegang al-Qur'an sebelum sempurna mandi..??
JAWABAN:
Hukum mencicil mandi SAH menurut Syafi'iyah karena muwalah (terus menerus) dalam mandi tidak diwajibkan, hanya sunat.
Sedang menurut Malikiyyah muwalah dalam wudhu dan mandi wajib hukumnya
وأما موالاة الغسل فالمذهب أنها سنة
Dan adapun muwalah dalam mandi janabah menurut madzhab ini (Asy-Syafi'i) hukumnya sunnah.
📚[Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab. Juz. 2/ Hal. 184]
ولو نَوَى رَفْع الجَنَابَةِ وغَسَلَ بَعْضَ البَدَنِ ثم نام فاستيْقَظَ وأرادَ غَسْلَ الباقي لم يَحْتَجْ إلى إعَادَةِ النيّة. (قوله لم يحتج إلى إعادة النية) أي لعدم اشتراط الموالاة فيه، بل هي سنة فقط كما صرح به في المنهاج في باب التيمم. إهـ
Seandainya seseorang berniat mengangkat hadats janabah dan dia mandi pada sebagian badan lalu tidur, kemudian dia bangun dan menghendaki memandikan anggota badan yang tersisa maka demikian tidak memerlukan mengulangi niat. (Sayyid al-Bakriy al-Dimyathiy menjelaskan redaksi pengarang: "maka demikian tidak memerlukan mengulangi niat"), demikian karena di dalam hal mandi tidak disyaratkan ber-muwalah (terus menerus), bahkan ia sunnah belaka sebagaimana dijelaskan di dalam al-Minhaj pada bab Tayammum.
📚[I'anatut Thalibin. Juz. 1/ Hal. 75 Maktabah Darul Ihya]
لخامس : الموالاة فرض في الوضوء والغسل خلافا لأحمد بن حنبل
(Rukun) kelima: al-muwalah hukumnya fardhu dalam wudhu dan mandi janabah, pendapat ini berbeda dengan pendapat Imam Ahmad Bin Hambal."
📚[Adz-Dzakhirah. Juz. 1/ Hal. 273]
Apabila dia mencicil mandi kemudian ia wudhu, bolehkah mengerjakan yang diharamkan bagi orang yang hadats kecil atau besar..??
Belum boleh, sebab wudhunya bukan untuk bersuci dari hadats, hadats besar dan kecilnya masih utuh padanya.
ولا يستبيح بهذا الوضوء محرما على الحدث الأصغر أو الأكبر، فلا يمس القرآن ولا يمكث في المسجد، وهذا الوضوء للنظافة والتعبد فلا ينقضه ما ينقض الوضوء
dan tidak diperkenankan dengan wudhu ini (sebelum mandi janabah) hal haram bagi yang hadats kecil atau besar, maka tidak boleh menyentuh alquran, berdiam diri dimasjid.
Status wudhu ini hanya untuk membersihkan diri (bukan bersuci) dan mencari nilai ibadah maka juga tidak akan membatalkan hal yang membatalkan wudhu."
📚[Jami'us Sunan wa Syuruhiha shahih Muslim]
Bagaimana kalau ia tetap beribadah?
Hukum ibadahnya Haram dan ia berdosa atas yang ia lakukan
ولو صلى محدثاً متعمداً بلا عذر أثم ولا يكفر عندنا وعند الجماهير. وحكى عن أبي حنيفة رحمه الله تعالى أنه يكفر لتلاعبه
Bila seseorang shalat dalam kondisi hadats tanpa uzur maka dia berdosa, dan menurut syafi'iyyah dan mayoritas ulama tidak sampai kufur.
Diceritakan dari Imam Abu Hanifah sungguh dia termasuk kufur sebab mempermainkan ibadah.
📚[Syarah an-Nawawi 'ala Muslim. Juz. 3/ Hal. 82]
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
646} Hukum Menikahi Lima Orang Wanita Berturut-turut Dan Mengawini Dua Orang Wanita Dalam Satu Aqad Yang Satu Sama lainnya Ada Hubungan Mahram
PERTANYAAN: Assalamualaikum Wr Wb Bagaimana hukum seorang lelaki menikahi lima orang wanita berturut2, dan laki2 mengawini dua orang wanita ...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-TIGA BELAS: {"KEUTAMAAN MALAM NISFU SYA'BAN"} الحكاية الثالثة عشرة : في فضل ليلة نصف...
-
11 HAL YANG MENYEBABKAN HATI KERAS DAN MEMBUAT LEMAH ومنها احد عشر شيئا تقسي القلوب وتورث النكد ، أحدها : لبس السراويل قائما . الثاني : الجل...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-LIMA PULUH TUJUH: {"KEUTAMAAN ILMU DAN MENCINTAI ORANG ALIM"} الحكاية السابعة والخمسون :...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar