Kamis, 18 Maret 2021

600} Di Antara Kalimat Khidhir. Kajian 300 Kitab an-Nawadir


و من كلام الخضر أو غيره أبيات ينتفع بها قائلها أو حاملها :

سألتك بالحوامیم العظيمة ¤ وبالسبع المطولة القديمه

و بالآمين والفرد المبدي ¤ به قبل الحروف المستقيمه

وبالقصر الكبير وصاحبيه ¤ وبالأرض المقدسة الكريمه

وبالمبسوط في رق المعاني ¤ وبالنشور في أهل الوليمه

وبالكهف الذي قد حل فيه ¤ أبو فتياتها و أبو رقيمه

تقين في فؤادي كل خب ¤ يروى في مسارحها صمیمه

(فائدة) إذا أردت طول شيء عال ¤ كالنخل والبنيان والجبال

فانظر إلى ظلك بالأقدام ¤ فإنه أصل على الدوام

فإن تجد ظلك طول القامة ¤ ستة أقدام فخذ قوامه

فكل شيء قد أردت ظله ¤ في وقتك الحاضر كان مثله

فإن حسبت ظله بالأذرع ¤ فذاك طول ظلك المرتفع

وإن وجدت الظل في الميزان ¤ أوف من القامة في البيان

فالقدم الواحد سدس القامه ¤ وظله السدسه علامه

وهكذا تفعل في نصف القدم ¤ أو قدمين فاعتبره كالعلم

وإن تجد ظلك قامتين ¤ فالظل مثلاه بغير منين

ثم القياس بالقريب السهل ¤ قرب الزوال لانتفاص الظل

(مسألة) إن كان الظل قدما فظل كل شيء سدسه ، فإن كان الظل عشرة أذرع فطوله ستون ذراعا ، أو عشرين فطوله مائة وعشرون ذراعا ، وهكذا .


Di antara kalimat Khidhir atau yang lain, terdapat bait yang bermanfaat bagi pembacanya atau yang membawanya:


Aku meminta kepada-Mu dengan al-hawamim yang agung

Dengan tujuh ayat yang dipanjangkan yang qadim

Dengan amin dan Esa yang Mengawali

Sebelum huruf-huruf tegak

Dengan wali quthub yang agung dan pemiliknya

Dengan bumi yang disucikan yang mulia

Dengan gedung tempat aku i'tikaf

Di dalamnya ada burung pemiliknya yang berkehendak

Dengan al-mabsuth di dalam makna² yang lembut

Dengan an-nusyur pada pemilik walimah

Dengan al-Kahfi yang telah menempati padanya

Abu Fityatuha dan Abu Raqimah

Jagalah aku dalam hatiku dari semua kejelekan

Yang menggiring kepada tempat penggembalaan buta

Apabila engkau menghendaki sesuatu yang panjang lagi tinggi

Seperti kurma, bangunan, dan gunung

Maka lihatlah kezhaliman langkah kaki

Sebab, itu adalah pijakan sesuatu menjadi kekal

Apabila engkau menemukan bayanganmu begitu tinggi

Setinggi enam langkah, maka ambillah tegaknya

Sebab, segala sesuatu yang engkau kehendaki sebagai bayangan

Pada waktumu yang hadir, maka itu semisal

Apabila engkau menganggap bayangannya berdasarkan dzira'

Maka, itulah panjangnya bayanganmu yang tinggi

Apabila engkau menemukan bayangan di mizan

Lebih memenuhi daripada berdiri dalam penjelasan

Maka langkah satu adalah seperenam berdiri tegak

Dan bayangannya bagi seperenam adalah tanda

Demikianlah engkau melakukan pada setengah langkah

Atau dua langkah, maka ambillah pelajaran sebagai ilmu

Apabila engkau menemukan bayanganmu dua berdiri tegak

Maka bayangan adalah semisalnya tanpa dusta

Kemudian qiyas dengan yang dekat yang lebih mudah

Mendekati hilang untuk mengurangi bayangan


Apabila panjang bayangan satu langkah, maka bayangan segala sesuatu adalah seperenamnya. Apabila panjang bayangan adalah sepuluh dzira', maka panjangnya adalah enam puluh dzira' atau dua puluh, maka panjangnya adalah seratus dua puluh dzira'.

📚[An-Nawadir. Hal. 198_199]



Ishadi al-Asyi (Santri Aceh)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

646} Hukum Menikahi Lima Orang Wanita Berturut-turut Dan Mengawini Dua Orang Wanita Dalam Satu Aqad Yang Satu Sama lainnya Ada Hubungan Mahram

PERTANYAAN: Assalamualaikum Wr Wb Bagaimana hukum seorang lelaki menikahi lima orang wanita berturut2, dan laki2 mengawini dua orang wanita ...