SIFAT BEBERAPA NEGARA
(نکتة : في وصف بعض البلاد) أما مكة والمدينة فلا يخفی وصفهما ، ومنه إنما سميت المدينة طيبة لطيب رائحة من مكث بها وتزداد روائح الطيب فيها ، ولا يوجد بها مجذوم ولا يدخلها الطاعون ولا الدجال . وقيل : في بغداد عشرة : الظلمة والشمطاء الخرفة ، والعجوز المتدللة ، والعجفاء المكتحلة ، والشلاء المختصية هواؤها دخان ، ونسيمها ضرار ، وتحارها أسد مفترسون وصناعها الصوص مختلسون ، وجارها حاسد ، ومزاجها فاسد . وقيل في العراق : حوى تسعة أعشار الشر ، وفيه آية الداء العضال . وقيل في البصرة : مياهها نضب ، وأنهارها عجب ، وسماؤها رطب ، وأرضها ذهب وحرها شديد ، وشرها عتيد ، مأوى كل تاجر ، وطريق كل عابر . وقيل في الكوفة : طاب ليلها وكثر خيرها . وقيل في الشام : عروس بين النساء ، أطوع الناس للمخلوق في معصية الخالق ، وقيل في خراسان : ماؤها جامد ، وعدوها جاهد ، بأسها شديد ، وشرها عتيد . وقيل في کرمان : إن قل الحشيش بها ضاعوا ، وإن كثر جاعوا . وقيل في أصفهان : أرضها زائغة عن الطريق الأعظم ، و حشیشها الزعفران ، ودبابها النحل . وقيل في نهاوند : ترابها زعفران ، وحيطانها عسل ، وسماؤها التمر . وقيل في الهند : جبله الياقوت ، وبحره الدر ، وشجره العود ، وورقه العطر . وقيل لا تخلو تسعة من تسعة : قزويني من دعة مني من جنون ، وواسطي من غفلة ، وبصري من جدل ، وكوفي من كذب ، ، وبغدادي من مخرقة ، وخوارزمي من لؤم ، وطبري من خفة وهمداني من حماقة .
(ظريفة) ليس التقبيل لشيء من الحيوان إلا في الإنسان والحمام ، وليس التزويج في شيء منه إلا في الإنسان واللقلق ، وليست الرياسة في شيء منه إلا في الكرکی و النحل ، وليس الخنثی منه إلا في الإنسان والأرنب ، ولا يولد منه شيء من غير جنسه إلا البغل بين الفرس والحمار ، والسبع بين الضبع والذئب ، والسقنقور بين التمساح والضب ، والزرافة بين سبعة أو تسعة .
Adapun Makkah dan Madinah, maka tidak diragukan lagi sifatnya. Di antaranya adalah Madinah dinamakan thayyibah (baik), sebab harumnya bau orang yang tinggal di sana, dan bau harum tersebut semakin bertambah. Tidak akan ditemukan orang yang berpenyakit lepra maupun kolera, dan Dajjal tidak akan masuk ke sana.
Dikatakan bahwa di Baghdad terdapat sepuluh hal, yaitu: kegelapan, perempuan tua yang pikun, perempuan tua yang genit, orang kurus bercelak, kelumpuhan, hawa yang berbeda, asap yang kami sebut dengan dharar, pedagangnya adalah singa yang menerkam, pekerjanya adalah pencuri, dan tetangganya hasut.
Dikatakan bahwa di Irak mencakup sembilan per sepuluh kejahatan dan terdapat tanda² penyakit kronis.
Dikatakan bahwa di Basrah, airnya kering, sungainya menakjubkan, langitnya lembab, tanahnya emas, panasnya begitu terasa, kejahatannya selalu ada. Negara ini menjadi tempat kembali setiap pedagang dan jalan bagi setiap orang yang menyambung silaturahmi.
Dikatakan bahwa di Kufah, malamnya begitu indah, dan kebaikan² mudah ditemui. Dikatakan bahwa di Syam, terkenal banyak pengantin perempuan. Negara ini terkenal banyak bermaksiat kepada Tuhan, dan taat kepada makhluk. Dikatakan bahwa di Khurasan, airnya keruh, musuhnya nekat, bencananya sangat dahsyat, dan kejahatannya rapi.
Dikatakan bahwa di Kirman, jika rumputnya sedikit maka tanda bahwa mereka kelaparan. Namun apabila rumputnya banyak mereka makmur. Dikatakan bahwa di Asfahan, tanahnya dipenuhi jalan besar, rumputnya za'faran, dan lalatnya adalah tawon madu. Dikatakan bahwa di Nahawan, debunya seperti za'faran, dindingnya ibarat madu, dan langitnya ibarat kurma. Dikatakan bahwa di India, gunungnya ibarat permata, pohonnya adalah kayu, dan daunnya adalah hujan.
Dikatakan bahwa ada sembilan tempat yang tidak bebas dari sembilan hal, yaitu Qazwaini dari kelembutan, Yaman dari kegilaan, Washiti dari kelupaan, Basra dari bahan makanan, Kufah dari kebohongan, Baghdad dari penyimpangan, Khawarizm dari kepicikan, Thabari dari menyepelekan, dan Hamdani dari kebodohan.
Ciuman tidak boleh dilakukan kecuali kepada manusia dan merpati. Pernikahan terjadi pada manusia dan bangau. Kepemimpinan terdapat pada burung kurkur dan tawon. Banci hanya ada pada manusia dan kelinci. Tidak akan dilahirkan hewan yang berbeda jenis dari induknya kecuali bighal di antara kuda dan keledai, hewan buas di antara kijang dan serigala, sejenis kadal di antara buaya dan biawak, jerapah di antara tujuh atau sembilan.
📚[An-Nawadir. Hal. 171_172]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar