PERTANYAAN:
Assalamualaikum warahmatulloh
Ustad/ustazah....minta pnjelasannya mengenai gambar binatang yg haram, gambar yq bgaimana yq dimaksudkan.? Trm ksh
JAWABAN:
Wa 'Alaikumus Salam
Maksudnya adalah gambar yang lengkap, dibawah ini penjelasannya:👇
ومنه صورة حيوان مشتملة على ما لا يمكن بقاؤه بدونه وإن لم يكن لها نظير كفرس بأجنحة وطير بوجه انسان على سقف أو جدار أو ستر علق لزينة أو ثياب ملبوسة أو وسادة منصوبة لأنها تشبه الأصنام فلا تجب الإجابة فى شىء من الصور المذكورة بل تحرم ولا أثر بحمل النقد الذى عليه صورة كاملة لأنه للحاجة ولأنها ممتهنة بالمعاملة بها.
قوله : (ومنه) أى ومن المنكر. وقوله صورة حيوان خرج صورة غيره كالأشجار والسفن والشمس والقمر فليست من المنكر. قوله : (أو وسادة) هى مرادفة للمخدة وقوله منصوبة أى مرفوعة قال البجيرمى وعلى هذه الصورة يحمل ما جاء أنه ﷺ امتنع من الدخول على عائشة رضى اللّٰه عنها من أجل النمرقة التى عليها التصاوير فقالت أتوب إلى اللّٰه ورسوله ما ذا أذنبت فسألت عن سبب امتناعه من الدخول فقال ما بال هذه النمرقة قالت اشتريتها لك لتقعد عليها وتتوسدها فقال رسول اللّٰه ﷺ إن أصحب هذه التصاوير يعذبون يوم القيامة يقال لهم أحيوا ما خلقتم متفق عليه. والنمرق بالضم وسادة صغيرة أى فهى كانت منصوبة حينئذ أى حين إرادة دخول ﷺ اهـ. قوله : (ولا أثر بحمل النقد الخ) عبارة التحفة فرع لا يؤثر حمل النقد الذى عليه صورة كاملة لأنه الحاجة ولأنها ممتهنة بالمعاملة بها ولأن السلف كانو يتعاملون بها مت غير نكير ومن لازم ذلك عادة حملهم لها وأما الدراهم الإسلامية فلم تحدث إلا فى زمن عبد الملك وكان مكتوبا باعليها اسم اللّٰه واسم رسول اللّٰه ﷺ اه.
Termasuk kemungkaran ialah gambar binatang secara menyeluruh dengan bagian tubuh² vitalnya ialah yang mana binatang tersebut tidak akan bisa hidup kecuali dengan bagian tubuh tersebut, seperti kepala dan badan. Meskipun hanya binatang mitologi, seperti Kuda bersayap atau burung berwajah manusia.
Gambar tersebut diletakkan dilangit² rumah, atau terpasang ditembok sebagai hiasan, atau terdapat pada sebuah tirai, atau pakaian yang dipakai, atau pada karpet yang terbentang. Mengapa termasuk kemungkaran, karena hal yang demikian tasyabbuh dengan berhala yang dikultuskan.
Dan apabila gambar² seperti diatas itu terdapat pada sebuah acara walimah, maka undangan walimah tersebut tidaklah wajib untuk dihadiri, bahkan menjadi haram hukumnya menghadiri.
Tidak termasuk kemungkaran ialah gambar pepohonan, gelombang, matahari, bulan dan lain².
Mengenai hal diatas terdapat sebuah riwayat: Bahwasannya Nabi ﷺ, enggan memasuki rumah Siti 'Aisyah RA disebabkan karena sebuah bantal sandaran yang bermotif binatang. Lalu Siti 'Aisyah RA Berkata: "Aku bertaubat kepada Allah dan RasulNya, dosa apakah yang telah aku perbuat sehingga Rasulullah sampai enggan masuk kedalam." Maka Rasulullah ﷺ, Bertanya: "Dapat dari mana bantal ini?." Siti 'Aisyah menjawab: "Aku membelinya untuk Engkau, buat duduk ataupun bersandar." Maka Nabi ﷺ Bersabda: "Sesungguhnya pemilik (pembuat) gambar ini akan mendapatkan adzab pada hari kiamat, lalu dikatakan kepada mereka: Hidupkanlah oleh kalian apa yang telah diciptakan."
(Hadist Muttafaq 'Alaih)
Tidaklah berpengaruh ialah dengan membawa uang yang bermotifkan gambar sempurna dari makhluk hidup, karena hal ini merupakan sebuah tuntutan. Dan karena gambar itu difungsikan untuk bermu'amalah. Dan lagi para Salaf terdahulu juga menggunakannya serta tidak mempersoalkannya.
📚[I'anatut thalibin. Juz. 3/ Hal. 361]
➖➖➖➖➖
Boleh menggambar yang tidak bernyawa seperti gunung, bejana, laut, matahari, bulan, langit, dan bintang tanpa ada perselisihan antara ahli ilmu.
hanya saja menurut ibnu hajar melarang mengambar matahari dan bulan, karena ada penyembah matahari dan bulan.
📚[Al-mausuatul fiqhiyyah]:
لاَ بَأْسَ بِتَصْوِيرِ الْجَمَادَاتِ الَّتِي خَلَقَهَا اللَّهُ تَعَالَى عَلَى مَا خَلَقَهَا عَلَيْهِ كَتَصْوِيرِ الْجِبَال وَالأَْوْدِيَةِ وَالْبِحَارِ، وَتَصْوِيرِ الشَّمْسِ وَالْقَمَرِ وَالسَّمَاءِ وَالنُّجُومِ، دُونَ اخْتِلاَفٍ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ أَهْل الْعِلْمِ
. غَيْرَ أَنَّ ذَلِكَ لاَ يَعْنِي
جَوَازَ صِنَاعَةِ شَيْءٍ مِنْهَا إِِذَا عُلِمَ أَنَّ الشَّخْصَ الْمَصْنُوعَةَ لَهُ يَعْبُدُ تِلْكَ الصُّورَةَ مِنْ دُونِ اللَّهِ، وَذَلِكَ كَعُبَّادِ الشَّمْسِ أَوِ النُّجُومِ. أَشَارَ إِِلَى ذَلِكَ ابْنُ عَابِدِينَ. وَيُسْتَدَل لِحُكْمِ هَذِهِ الْمَسْأَلَةِ وَأَنَّ ذَلِكَ لَيْسَ بِدَاخِلٍ فِي التَّصْوِيرِ الْمَنْهِيِّ عَنْهُ بِمَا يَأْتِي فِي الْمَسْأَلَةِ التَّالِيَةِ وَمَا بَعْدَهَا.
وَقَدْ نَقَل ابْنُ حَجَرٍ فِي الْفَتْحِ عَنْ أَبِي مُحَمَّدٍ الْجُوَيْنِيِّ أَنَّهُ نَقَل وَجْهًا بِمَنْعِ تَصْوِيرِ الشَّمْسِ وَالْقَمَرِ؛ لأَِنَّ مِنَ الْكُفَّارِ مَنْ عَبَدَهُمَا مِنْ دُونِ اللَّهِ، فَيَمْتَنِعُ تَصْوِيرُهُمَا لِذَلِكَ. وَوَجَّهَهُ ابْنُ حَجَرٍ بِعُمُومِ قَوْل النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: الَّذِينَ يُضَاهُونَ بِخَلْقِ اللَّهِ (1) وَقَوْلُهُ فِي الْحَدِيثِ الْقُدْسِيِّ: وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ ذَهَبَ يَخْلُقُ خَلْقًا كَخَلْقِي
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
646} Hukum Menikahi Lima Orang Wanita Berturut-turut Dan Mengawini Dua Orang Wanita Dalam Satu Aqad Yang Satu Sama lainnya Ada Hubungan Mahram
PERTANYAAN: Assalamualaikum Wr Wb Bagaimana hukum seorang lelaki menikahi lima orang wanita berturut2, dan laki2 mengawini dua orang wanita ...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-TIGA BELAS: {"KEUTAMAAN MALAM NISFU SYA'BAN"} الحكاية الثالثة عشرة : في فضل ليلة نصف...
-
11 HAL YANG MENYEBABKAN HATI KERAS DAN MEMBUAT LEMAH ومنها احد عشر شيئا تقسي القلوب وتورث النكد ، أحدها : لبس السراويل قائما . الثاني : الجل...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-LIMA PULUH TUJUH: {"KEUTAMAAN ILMU DAN MENCINTAI ORANG ALIM"} الحكاية السابعة والخمسون :...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar