Senin, 10 Agustus 2020

295} Hukum menerima kembali zakat fitrah dari orang yang diberikan zakatnya

PERTANYAAN:
Assalamualaikum warahmatullohi
Deskripsi masalah;
Si A menunaikan zakat fitrah kpd si B. Desebabkan si A ini org yg sangat faqir lalu si B membrikan zakat fitrahnya kepada si A tdi yg mana beras yang diberikan si B trsebut adalah berasnya si A tdi.!
Pertanyaan:
Gmna hukum si B memberikan zakat kpd si A ataw si A menerima zakat dari si B....?

JAWABAN:
[Ishadi Al-Asyi]

Wa 'Alaikumus Salam

Hukumnya Boleh

Imam Asy-Syafi'i Radhiyallahu 'Anh berkata: "Tidak mengapa (boleh)  bagi seseorang menerima kembali zakat fitrahnya yang telah ditunaikan kepada orang lain jika memang ia membutuhkannya, begitu pula tidak mengapa menerima kembali shadaqah yang telah diberikan kepada orang lain baik shadaqah yang difardhukan maupun yang disunahkan."
Imam Al-Mawardi berkata: "Ini adalah Shahih; apabila seseorang telah mengeluarkan zakat fitrahnya dan ia masih membutuhkannya maka boleh baginya menerima kembali dari orang yang ia berikan zakat tadi.
Imam Malik berkata: Tidak boleh menerima kembali 'ain zakat itu dikarenakan ada larangan kembalinya hadaqah kepada orang yang telah mengeluarkannya.

Reff:
📚[Al-Hawy Al-Kabir. Juz. 3/ Hal. 375]:

مَسْأَلَةٌ:
قال الشافعي رضي الله عنه: "وَلَا بَأْسَ أَنْ يَأْخُذَهَا بَعْدَ أَدَائِهَا إِذَا كَانَ مُحْتَاجًا وَغَيْرَهَا مِنَ الصَّدَقَاتِ الْمَفْرُوضَاتِ وَالتَّطَوُّعِ".
قَالَ الْمَاوَرْدِيُّ: وَهَذَا صَحِيحٌ إِذَا أَخْرَجَ زَكَاةَ فِطْرِهِ، وَكَانَ مُحْتَاجًا جَازَ أَنْ يَأْخُذَهَا مِمَّنْ أَخَذَهَا عَنْ فِطْرَتِهِ، وَقَالَ مَالِكٌ لَا يَجُوزُ أَنْ يَأْخُذَهَا بِعَيْنِهَا لِأَنَّهُ يُمْنَعُ مِنْ عَوْدِ الصَّدَقَةِ إِلَى مُخْرِجِهَا كَمَا يُمْنَعُ مِنِ ابْتِيَاعِهَا، وَهَذَا خَطَأٌ لِمَعْنَيَيْنِ.
أَحَدُهُمَا: أَنَّهَا قَدْ صَارَتْ مِلْكًا لِآخِذِهَا كَسَائِرِ أَمْوَالِهِ فَلَمَّا جَازَ أَنْ يأخذ غيرها مِنْ مَالِهِ جَازَ أَنْ يَأْخُذَهَا بِعَيْنِهَا مِنْ مَالِهِ، لِأَنَّ كُلَّ ذَلِكَ فِي مِلْكِهِ، وَمِنْ جُمْلَةِ مَالِهِ.
وَالثَّانِي: أَنَّهُ أَعْطَاهَا لِمَعْنًى وَهُوَ الْقُدْرَةُ وَأَخَذَهَا بِمَعْنًى غَيْرَهُ وَهُوَ الْحَاجَةُ فَلَمْ يَكُنْ وُجُوبُ الْإِعْطَاءِ مَانِعًا مِنْ جَوَازِ الْأَخْذِ كَمَا لَوْ عَادَتْ إِلَيْهِ بِإِرْثٍ.
➖➖➖➖➖

إذا دفع فطرته إلى فقير، والفقير ممن تلزمه الفطرة فدفعها الفقير إليه عن فطرته جاز للدافع الأول أخذها، قال: وكذا لو دفعها أو غيرها من الزكوات إلى الإمام، ثم لما أراد الإمام قسم الصدقات - وكان الدافع محتاجاً جاز دفعها بعينها إليه، لأنها رجعت إليه بغير المعنى الذي خرجت به
فجاز كما لو عادت إليه بإرث أو شراء أو هبة

Apabila seseorang memberi zakatnya pada sifaqir yang termasuk wajib zakat kemudian sifakir berzakat (dengan menggunakan zakat tersebut) pada seseorang tersebut, maka boleh bagi pemberi zakat pertama menerimanya.

Begitu juga bila ia memberikan fitrahnya atau harta zakat lain pada seorang Imam, kemudian saat imam berkehendak membagikan zakat ia membutuhkannya, maka imam boleh memberikan harta zakat yang ia berikan karena harta yang kembali padanya sudah lain maknanya dari harta yang ia keluarkan pertama kalinya maka boleh untuknya seperti saat kembali padanya dalam bentuk warisan, dibeli atau dihibahkan.
📚[al-Majmu' Syarah al-Muhadzdzab. Juz. 6/ Hal. 119]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

646} Hukum Menikahi Lima Orang Wanita Berturut-turut Dan Mengawini Dua Orang Wanita Dalam Satu Aqad Yang Satu Sama lainnya Ada Hubungan Mahram

PERTANYAAN: Assalamualaikum Wr Wb Bagaimana hukum seorang lelaki menikahi lima orang wanita berturut2, dan laki2 mengawini dua orang wanita ...