PERTANYAAN:
assalamualaikum
Apasaja syarat menjadi imam shalat?
JAWABAN:
Wa 'Alaikumus Salam
Disyaratkan yang jadi imam itu seorang Qari, Faqih dan 'Alim
Reff:
عن عمرو بن سَلِمَةَ رضي اللّٰه عنه قال : قال أبي جئْتُكم من عندِ النبي ﷺ حقا قال : «فإذا حضرتِ الصلاة فليؤَذِّنْ أحدكم وليَؤُمُّكم أكثرُكم قرآناً» قال : فنظروا فلم يكن أحد أكثر مني قرآنا فقدّموني وأنا ابنُ سِتٍّ أو سبع سنين». رواه البخاري وأبو داود والنسائي.
Diriwayatkan dari 'Amr bin Salamah RA, Beliau Berkata: Ayahku Berkata: Aku sampaikan kepada kalian semua yang benar² dari Baginda Nabi ﷺ, Nabi ﷺ Bersabda: "Apabila waktu shalat telah tiba, maka salah seorang dari kalian hendaknya ber-adzan, dan hendaknya yang paling banyak menghafal al-Qur'an dari kalian menjadi imam." 'Amr Berkata : Maka mereka melihat², lantas tidak ada seorang yang hafalan al-Qur'annya melebihi diriku. Lalu mereka memajukan diriku untuk menjadi imam, padahal aku seorang anak yang masih berumur enam atau tujuh tahun. (HR al Bukhari, Abu Dawud, dan an-Nasa'i)
المعنى الإجمالي:
الإمام مَنصِب عظيم ولذا اشترط في الإمام أن يكون مقرئا فقيها عالما بشروط الاقتداء كيلا يبطل الصلاة على المأمومين، ولهذا ندب الشارع الحكيم إلى إمامة الأقرأ ولو كان صغيرا، هذا عمرو بن سلمة كان يتلقى الوفود المارين به فيحفظ منهم القرآن فلما أسلم قومه أمهم لأنه كان أقرأهم للقرآن، وبه استدل على جواز إمامة الصبي المميز للبالغ وجواز صلاة المفترض خلف المتنفل، ومن قال بالمنع كمالك وأبي حنيفة رحمهم اللّٰه قالا : كان هذا في صدر الإسلام أو في صلاة نافلة لا فريضة.
Makna Ijmali :
Imam shalat adalah kedudukan yang mulia. Karena inilah untuk mejadi imam disyaratkan seorang qari, faqih, dan 'alim. Dan wajib bagi makmum untuk memiliki imam dengan syarat² tersebut, supaya shalatnya tidaklah batal. Dan karena inilah As Syaari' Al Hakim mensyaratkan untuk posisi imam ini haruslah orang yang paling banyak hafalannya, meskipun ia masih kecil. Inilah 'Amr bin Salamah, ketika Beliau bertemu dengan para delegasi islam yang sedang melintas, Beliau menghafal al-Qur'an dari mereka. Dan ketika Kaumnya telah masuk islam, Beliau menjadi imam shalat mereka, karena Beliaulah yang paling banyak hafal al-Qur'an.
Dan inilah yang dijadikan dalil atas kebolehan seorang anak yang sudah tamyiz menjadi imam untuk yang baligh. Serta kebolehan orang yang melakukan shalat fardhu bermakmum kepada orang yang sedang melakukan shalat sunnah.
Sedangkan Ulama yang tidak memperbolehkan imam dari anak kecil, seperti Imam Malik dan Abi Hanifah, Beliau Berdua Beralasan: Bahwasannya hal ini terjadi pada permulaan islam, atau terjadi pada shalat sunnah dan bukanlah pada shalat fardhu.
فقه الحديث:
١. مشروعية الأذان للصلوات المكتوبة عند دخول وقتها.
٢. الإمامة أفضل من الأذان.
٣. الأحمق بالإمامة هو الأكثر قرآنا.
٤. جواز إمامة الصبي وبه قال الشافعي ومنعها مالك وجوزها أيو حنيفة وأحمد في النوافل دون الفريضة.
Fiqh Hadist :
1) Disyareatkan adzan untuk shalat maktubah ketika telah masuk waktu.
2) Posisi imam itu lebih utama daripada orang yang adzan.
3) Orang yang paling berhak untuk menjadi imam ialah yang paling banyak hafalan al-Qur'annya.
4) Kebolehan imam dari anak kecil, dan ini pendapat Imam asy-Syafi'i. Dan Imam Malik tidak memmperkenankannya. Sedangkan Imam Abu Hanifah dan Ahmad membolehkannya sebatas shalat sunnah, bukanlah shalat fardhu.
📚[Ibanatul Ahkam Syarah Bulughul Maram. Juz. 2/ Hal. 18_19 Darul Fikri]
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
646} Hukum Menikahi Lima Orang Wanita Berturut-turut Dan Mengawini Dua Orang Wanita Dalam Satu Aqad Yang Satu Sama lainnya Ada Hubungan Mahram
PERTANYAAN: Assalamualaikum Wr Wb Bagaimana hukum seorang lelaki menikahi lima orang wanita berturut2, dan laki2 mengawini dua orang wanita ...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-TIGA BELAS: {"KEUTAMAAN MALAM NISFU SYA'BAN"} الحكاية الثالثة عشرة : في فضل ليلة نصف...
-
11 HAL YANG MENYEBABKAN HATI KERAS DAN MEMBUAT LEMAH ومنها احد عشر شيئا تقسي القلوب وتورث النكد ، أحدها : لبس السراويل قائما . الثاني : الجل...
-
Oleh:[Ishadi al-Asyi] HIKAYAH YANG KE-LIMA PULUH TUJUH: {"KEUTAMAAN ILMU DAN MENCINTAI ORANG ALIM"} الحكاية السابعة والخمسون :...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar