Assalamualaikum Wr Wb
Gimna hukumnya wanita haid atau org ga punya wudu menyentuh kitab tafsir yang ada ayat-ayat al qur'annya..? Mhn penjelasannya tgk
JAWABAN:
[Kakang Ishadi Al-Asyi]
Wa 'Alaikumus Salam
Orang yang sedang berhadats, baik hadats besar maupun hadats kecil boleh memegang dan membawa kitab Tafsir apabila jumlah huruf² tafsirnya lebih banyak daripada huruf² Al-Qur'an. Namun dihukumi Makruh menurut keterangan dalam kitab Bughyatul Muatarsyidin.
Dan haram hukumnya jika huruf tafsir dan huruf Al-Qur'an jumlahnya sama atau lebih banyak huruf Al-Qur'an daripada huruf tafsirnya.
إذا كان قرأن وتفسير في كتاب واحد، فيجوج مسه وحمله إذا كانت حروف التفسير أكثر من حروف القرأن، وأما اذا كانت تساويه أو أقل منه فيحرم المس والحمل
Apabila dalam kitab yang satu yang ada Al-Qur'an dan Tafsirnya maka boleh menyentuh dan membawanya dengan catatan huruf² tafsirnya lebih banyak dari pada huruf² Al-Qur'an.
haram menyentuh dan membawa jika huruf²nya sama atau lebih banyak huruf² Al-Qur'annya.
📚[Taqriratus Sadidah. Hal. 174]
➖➖➖➖➖
(مسألة ى) يكره حمل التفسير ومسه إن زاد على القرآن وإلا حرم. وتحرم قراءة القرآن على نحو جنب بقصد القراءة ولو مع غيرها لا مع الإطلاق على الراجح ولا بقصد غير القراءة كرد غلط وتعليم وتبرك ودعاء.
Makruh membawa dan memegang Tafsir yang jumlahnya melebihi tulisan Al-qur'annya. bila tidak, maka haram.
Dan haram membacanya bagi semisal orang junub bila bertujuan untuk membacanya meskipun Al-Qur'annya bersama tulisan lain tapi tidak haram baginya bila memutlakkan tujuannya menurut pendapat yang kuat dan juga tidak haram tanpa adanya tujuan membacanya seperti saat membenarkan bacaan yang salah, mengajar, mencari keberkahan dan berdoa.
📚[Bughyatul Mustarsyidin. Hal. 26]
➖➖➖➖➖
Dalam Al-Majmu' Syarah Muhadzab disebutkan bahwasanya menurut qaul yang lebih shahih (ashah) tidaklah dihukumi haram bagi orang yg sedang berhadats membawa atau menyentuh kitab tafsir yang jumlah huruf tafsirnya lebih banyak daripada huruf Al-Qur'annya.
📚[Al-Majmu' Syarah Muhadzdzab. Juz. 2/ Hal. 453_454]:
الثانية: كتاب تفسير القرآن إن كان القرآن فيه أكثر ، كبعض كتب غريب القرآن حرم مسه وحمله وجها واحدا ، كذا ذكره الماوردي وغيره ونقله الروياني عن الأصحاب ، وإن كان التفسير أكثر كما هو الغالب ففيه أوجه أصحها لا يحرم ; لأنه ليس بمصحف ، وبهذا قطع الدارمي وغيره . والثاني : يحرم لتضمينه قرآنا كثيرا . والثالث : إن كان القرآن متميزا عن التفسير بخط غليظ حمرة أو صفرة ونحو ذلك حرم وإلا فلا ، وبه قطع القاضي حسين وصاحباه المتولي والبغوي وضعفه غيرهم . قال المتولي : وإذا لم يحرم كره . وأما كتب القراءات فجعلها الشيخ نصر المقدسي ككتب الفقه وقطع هو بجوازها . وأما كتب حديث رسول الله صلى الله عليه وسلم فأطلق الماوردي والقاضي حسين والبغوي وغيرهم جواز مسها وحملها مع الحدث ; وقال المتولي والروياني : يكره ، والمختار ما قاله آخرون أنه إن لم يكن فيها شيء من القرآن جاز ; والأولى أن لا يفعل إلا بطهارة ، وإن كان فيها قرآن فعلى الوجهين في كتب الفقه .
![]() |
Taqriratus Sadidah |
![]() |
Bughyatul Mustarsyidin |
![]() |
Al-Majmu' Syarah Muhadzdzab |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar